Dalam beberapa tahun terakhir ini sepertinya perkembangan internet di Indonesia sangat pesat. Dahulu ketika perkembangan intenet belum seramai sekarang, akses internet di sekolah sangat minim dan warung internet sangat jarang ditemui terlebih di kota kecil tempat tinggal saya. Tetapi, bandingkan dengan hari ini? internet bisa dinikmati bukan hanya oleh orang kota, namun bisa dinikmati di desa. Bukan hanya orang terpelajar, namun orang semua orang bisa menggunakan internet. Dikases kapan saja dan dimana saja.
Dan sekarang banyak perusahaan telekomunikasi yang dulunya berusaha dibidang “suara” dan “pesan” sekarang banyak yang berlomba-lomba menawarkan layanan data yang cepat dan murah. Teknologi masa kini bukan sekedar alat untuk menelpon atau sekedar mengirim pesan tetapi justru banyak yang bergeser menjadi alat komunikasi internet.
Perkembangan internet yang begitu pesat ini berdampak pada sistem bisnis penjualan di Indonesia. Dulu ketika ada pedagang yang ingin berjualan baju, maka akan menemui penjual kios, supplier dan agen untuk membuka sebuah toko baju. Namun sekarang, untuk menjual baju, sering kali hanya dibutuhkan modal yang kecil. Tidak harus mempunyai toko, dan tidak harus repot menjaga toko. Pola marketingnya pun mulai beragam, mulai dari yang menjual secara konvensional, menjual paket produk, menjual dengan antar gratis, sampai dengan menjual produk dengan diskon yang menarik kepada konsumen.
Salah satu yang digandrungi remaja adalah situs jejaring seperti facebook dan twitter. Inilah yang menjadi tujuan utama beberapa orang dalam mengakses internet. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh para pembisnis untuk menawarkan barangnya melalui sitsu jejaring. Promosi yang dilakukan pun beragam, mulai dari iklan berbayar dari pihak yang memiliki situs, atau melalui halaman fans (Fanspage) atau membuat akun atas nama usahanya tersebut. Dan saat ini, ribuan usaha yang dirintis melalui situs jejaring sukses memberikan keuntungan pemiliknya, meski ada beberapa yang juga hanya jalan di tempat.
Sedikit bicara masalah toko online, apa sih keuntungan kita sebagai pembeli jika membeli di toko online? yang pertama tentu kemudahan. Kemudahan yang saya maksud, kita nggak perlu membuang waktu untuk pergi ke pasar atau mall dan jalan seharian buat nyari barang yang kita inginkan. Udah gitu pusing karena banyaknya pilihan, capek, ongkos bensin, dll. Pengalaman saya membeli di toko online sih nggak pernah ada masalah, paling hanya keterlambatan barang karena kurir pengirimannya nggak nemu rumah saya :D
![]() |
Salah satu barang yang pernah saya beli di Toko Online |
Saya jabarkan kelebihan toko online ketimbang toko konvensional, ini menurut pengalaman saya. Mungkin bakal berbeda dengan anda. Sekedar sharing saja.
1. Toko online tidak kena pajak. Ini setahu saya, nggak tahu pihak penjualnya kena apa nggak. Misalnya kita beli barang di mall, pasti bawahnya ada tulisan "Harga sudah termasuk pajak" kalau di toko online yang pernah saya beli, nggak nemu tulisan itu. Ha..ha... Kalau dipikir secara logika emang bener, soalnya kalau kita beli di toko ata mall, otomatis biaya sewa tempat dibebankan pada barang kita, kalau toko online pasti lebih murah karena tidak sewa tempat dan tidak sewa karyawan.
2. Enggak capek. Kita belanja milih-milih barang tapi dengan duduk, atau tiduran di kamar (kayak sekarang) dan kita bisa menemukan barang yang kita cari. Seandainya saya ke mall,
a. Keluar rumah, kalau siang panas, kalau malam takut pulang kemaleman
b. Parkir motor, parkir motor pasti ngantri. Udah gitu jauh banget dari lokasi dan kita harus jalan
kaki.
c. jalan-jalan muter-muter keluar masuk toko, kaki pegel, capek. Udah gitu, belum tentu nemu.
d. Capek, otomatis haus dan laper, jajan deh.
.
Nah, itu pengalaman saya. Tetapi nggak adil kalau saya cuma bicara masalah kelebihan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin belanja online, misalnya:
1. Belilah di toko yang dipercaya, karena kita harus bayar dulu sebelum barang kita terima, artinya teliti toko online agar tidak tertipu.
2. Dari poin 1, teliti juga barang yang akan kita beli. Bisa jadi barang pesanan kita dikirim tapi tidak sesuai di gambar. Atau misalnya baju, pastikan tanya jawab dengan pihak pengelola toko online agar bahan baju bisa kita tahu.
3. Carilah toko online yang alamatnya dekat rumah. Misalnya saya di jawa tengah ya saya mencari toko online sekitar jawa agar ongkos kirim masih terjangkau. (kasian banget ye yang di luar jawa :D )
4. Banyaknya toko online yang kini ada bisa kita jadikan referensi perbandingan harga, juga perbandingan pelayanan. Lihat testimoni para pelanggan juga.
Demikian sharing saya mengenai pengalaman kemudahan belanja online karena menurut saya memiliki banyak kemudahan. Semoga apa yang saya bagi ini bisa bermanfaat, khususnya bagi saya dan umunya bagi semua yang tersesat dan membaca blog ini.
0 komentar:
Posting Komentar